Kamis, 19 Februari 2015

Mahasiswa Unand Buat Film “Disaster Education” di Jepang


04 02 2015 Mahasiswa Unand Buat Film Perdana di JepangPADANG, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) akan terbang ke Jepang untuk membuat film “Disaster Education Program”. Film ini merupakan film edukasi bencana untuk penanggulangan dini terhadap bencana alam yang terjadi.
Film ini dibuat oleh mahasiswa Unand yang tergabung dalam CreActive TV and Film Laboratory, yakni UKM jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unand. Mereka membuat film lewat program “CreActive Laboratory International Project 2015 Exchange Explore Japan”.
Mahasiswa akan mengikuti program tersebut pada tangga 7 – 21 Febuari 2015. Adapun, para kru yang akan diberangkatkan merupakan kru Creactive Lab yang telah mengikuti pelatihan Jurnalistik dan broadcasting selama dua bulan bersama Kantor Berita Antara Padang. Mereka adalah mahasiswa yang telah lolos tahapan verifikasi dari pihak Kedutaan Jepang. Selain itu, kru yang diberangkatkan adalah kru yang pernah bekerjasama dengan WASEND pada kegiatan Japan’s Secrect on Disaster pada bulan September 2014 di padang sebagai tim media.
Film tema disaster education ini merupakan powerful media yang mampu menciptakan percakapan, mengungkap kebenaran, menginspirasi orang, serta membangun kesadaran. Sehingga film digunakan sebagai media sosialisasi yang mampu dan mudah untuk diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Disamping produksi film pendek untuk program edukasi bencana, CreActive Foto bersamaLab juga mempersiapkan beberapa kegiatan untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman praktik guna kemajuan CreActive Lab kedepannya. Antara lain Film Production with Wasend & Fuji Tv, Cultural and Culinary Report, serta Game Show with WASEND.
Dengan latar belakang negara Indonesia terutama wilayah Sumatera Barat yang rawan terkena bencana alam, CreActive Lab mengupayakan sebuah program edukasi bencana yang mampu disosialisasikan dan dimengerti dengan cepat oleh seluruh lapisan masyarakat.
Melalui produksi film pendek dengan tema Disaster Education Program ini diharapkan masyarakat mampu mengenali tanda – tanda bencana alam, tindakan yang tepat untuk dilakukan ketika terjadi bencana, serta penanggulangan dini terhadap bencana alam yang terjadi. Sehingga resiko korban bencana alam dapat dikurangi.
Kegiatan ini berlangsung berkat kerjasama yang terjalin antara mahasiswa Universitas Andalas dengan mahasiswa dari WASEND (Waseda Student Organization for the Education of Natural Disaster) dan PPI Waseda (Perhimpunan Pelajar Indonesia Waseda). WASEND merupakan organisasi mahasiswa dari Universitas Waseda di Jepang yang secara resmi memberikan edukasi bencana kepada masyarakat. Yang menjadi target dalam kegiatan WASEND tidak hanya mahasiswa, namun juga siswa – siswa sekolah dasar.[]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar