Kamis, 19 Februari 2015

Mapala UMY Berhasil Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Elbrus


Ahmad Fauzan Sazli
Mapalaya UMY berhasil kibarkan bendera UMY di Puncak Elbrus Rusia. Foto : UMY
Mapalaya UMY berhasil kibarkan bendera UMY di Puncak Elbrus Rusia. Foto : UMY
YOGYAKARTA, KabarKampus – Tim Ekspedisi Mapalaya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil mengibarkan bendera merah putih dan bendera UMY di gunung Elbrus Rusia. Mereka tiba di gunung tertinggi di benua Eropa tersebut pada tanggal 10 Juni 2014 pukul 15.40.
Tim Ekspedisi Mapalaya UMY terdiri dari empat mahasiswa. Mereka adalah Singgih Alnin Muttaqin, Akhmad Rasyid Gandi, M. Fauzan, dan Saigunsi Bonita Arimi.
Sri Atmaja P. Rosyidi, wakil rektor III UMY mengaku bangga dengan keberhasilan tim MAPALA UMY mencapai puncak gunung Elbrus di Rusia tersebut. Sebab, selain melakukan pendakian, mereka juga membawa misi sosial dan Islam.
“Mereka tidak hanya melakukan pendakian tapi juga membawa misi-misi tertentu. Diantaranya misi sosial berupa ajakan untuk menjauhi narkoba atau anti narkoba, kemudian misi sebagai duta budaya. Selain itu juga membawa misi Islam dengan cara mengenalkan Islam di Indonesia, khususnya dengan adanya organisasi Muhammadiyah,” paparnya seperti yang dilansir dari humas UMY.
Selanjutnya Sri menuturkan, persiapan tim MAPALA UMY untuk melakukan ekspedisi itu tidak mudah. Di samping karena perbedaan cuaca dan bahasa, ada juga kendala lainnya seperti kondisi spiritual dan rohani mereka.
“Karena itu, selama 6 bulan sebelum pemberangkatan, kami mengadakan karantina khusus bagi mereka. Selain melatih fisik dan bahasa juga memberikan bekal fiqh perjalanan. Karena daerah, kondisi, dan cuaca di sana tentunya berbeda dengan Indonesia,” jelasnya.
Oleh karena itu, Sri berharap, ketika para tim sudah kembali ke tanah air, mereka  bisa menceritakan dan membagikan pengalaman mereka melakukan ekspedisi di gunung Elbrus tersebut. Selain itu mereka  juga, bisa memberikan gambaran mengenai sejarah dan kondisi umat Islam di Rusia, khususnya di kawasan Elbrus yang penduduknya ternyata adalah mayoritas beragama Islam.[]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar